Development of Student Worksheets Based on a Scientific Approach using the Group Investigation Model

soewarno warno, Siti Rahmah, Ngadimin Ngadimin, Abdul Halim

Abstract


This study aims to obtain student worksheets based on a scientific approach using the group investigation model that is feasible to apply to collision topic in High School. The research model used in this study refers to the ADDIE development model, namely: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation and 5) Evaluation. The feasibility of student’s worksheets (SW) is measured by the results of SW validation, student learning outcomes and student response questionnaires. The SW is assessed by a team of experts. The overall results of the SW validation showed an average score of 4 was included in the good category. After the implementation of SW the learning outcomes have increased, namely the overall average of students is in the medium category and the average result of the overall response of students shows a score of 4 which is included in the agreed category Based on the three measurements of the feasibility of the SW, it shows that the SW is feasible to be applied in learning.


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2010. Belajar dan pembelajaran. Alphabeta : Bandung. Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Diani, R. 2016. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan Lks terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi’. 05 (1). 83-93.

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Edisi Revisi. Cetakan ketujuh. Rajawali Pers. Jakarta.

Fathurrohman, M. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013: Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global.Cetakan Pertama. Kalimedia. Yogyakarta.

Herman dan Aslim. 2015. Pengembangan LKPD Fisika Tingkat SMA Berbasis Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). 4(2): 113-118.

Hosnan. 2014.Pendekatan Saintifik dan Kontektualdalam Pembelajaran Abad 21:Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor:Penerbit Ghalia Indonesia.

Huniati. 2014. Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Baitussalam. Skripsi. Program StudiPendidikan Fisika Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Jannah, R.R dan Y. Darvina.2017. Pembuatan LKPD Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Materi Usaha, Energi Momentum dan Impuls Fisika Kelas Xi Semester 1. Pillar of Physics Education. 9:161-168.

Murlin, A., M. Tawil. dan A. Samad. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Dengan LKPD Terstruktur terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(2). 176-186.

Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015 Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Cetakan Pertama. Sidoarjo. Nizamia Learning Center.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum

Prasetyarini, A., S. D. Fatmaryanti dan R. W. Akhdinirwanto.2013. Pemanfaatan Alat Peraga IPA untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Negeri 1 Buluspesantren Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013. Radiasi. 2(1). 7-10.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Cetakan kedelapan. DIVA Press. Jogjakarta.

Pratiwi, D. M., S. Saputro dan A. Nugroho. 2015. Pengembangan LKS Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok bahasan Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. 4(2). 32-37.

Rangkuti, A. N. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Cetakan Kedua. Citapustaka Media. Bandung.

Ritonga, L.S dan R. Tanjung. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X MAN KISARAN T.P 2013/2014. Jurnal Inpafi. 2(4): 156-166.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru.

Edisi Kedua. Cetakan Kelima. Rajawali Pers. Jakarta.

Siregar, S. 2011. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Cetakan Kedua. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Nasional. 5(3). 116-125.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Cetakan Kedua Puluh Satu. ALFABETA. Bandung.

Tompo, B., M. A. Ahmad dan Muris. 2016.Pengembangan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry untuk Mereduksi Miskonsepsi IPA Peserta Didik SMP. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. Jilid 12 (3). 240-253.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Edisi Pertama. Cetakan Keenam. Kencana. Jakarta.

Wardani, A. K. 2013. Tinjauan Ulang Materi Ajar Gerak Lurus melalui Visualisasi Foto dan Video Percobaan Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2 (3). 251-256.

Wiyani, N.A. 2013. Desain Pembelajaran pendidikan: Tata rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Cetakan Pertama. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta

Johnson, G. M. (2010). Internet use and child development: The techno-microsystem. Australian Journal of Educational and Developmental Psychology, 10, 32-43.

Herráe, A. (2006). Biomolecules in the Computer. Biochemistry & Molecular Biology Education, 34 (4), 255-261.

Novák, M., & Langerová, P. (2006) Raising efficiency in teaching mathematics in non-English speaking countries: an electronic bilingual dictionary of mathematical terminology. In: Proceedings of 3rd International Conference on the Teaching of Mathematics at the Undergraduate Level. Istanbul: TMD (Turkish Mathematical Society), 2006. [CD-ROM].

Posner, M. (2004). Neural systems and individual differences. TC Record. Retrieved 3/08/2005, from http://www.tcrecord.org/PrintContent.asp?ContentID=11663

Thurstone, L. L. (1959). The measurement of attitude: a psycho-social method and some experiments. Chicago: Univerity of Chicago.

Vaitkevičius, J. (1995). Socialinės pedagogikos pagrindai. Vilnius: Egalda.




DOI: https://doi.org/10.24815/ajse.v2i2.18393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asian Journal of Science Education



Asian Journal of Science Education

ISSN  2715-5641 (online)
Organized by Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala
Published by Syiah Kuala University
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/ajse
Email     : ajse@unsyiah.ac.id


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License