MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDA ACEH


Abstract


Mutu pelayanan keperawatan adalah sikap professional perawat yang memberikan perasaan nyaman terlindungi pada diri setiap pasien (melalui lima dimensi mutu) yang sedang menjalani proses penyembuhan dimana sikap ini merupakan kompensasi sebagai pemberi pelayanan dan diharapkan menimbulkan perasaan puas pada diri pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan keperawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Banda Aceh Tahun 2018. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Banda Aceh pada tanggal 23 November sampai dengan 31 Desember 2018. Jenis penelitian ini adalah survey analitik yaitu metode penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa fenomena kesehatan itu terjadi.  Dengan desain cross sectional study. Jumlah populasi sebanyak 286 orang. teknik pengumpulan sampel purposive sampling,  dengan jumlah sampel 76 responden. Hasil penelitian tentang gambaran mutu pelayanan keperawatan secara umum kualitas pelayanan yang ditinjau dari lima dimensi SERVQUAL diruang rawat inap Rumah Sakit Umum daerah Banda Aceh, dimana 4 dimensi menghasilkan Gap Score Negative secara berurutan yaitu; dimensi empati (-0,3), jaminan (-0,3), kehandalan (-0,2) dan daya tanggap (-0,1), sedangkan pada dimensi bukti fisik menghasilkan nilai Gap Score (0) artinya bukti fisik dapat memenuhi harapan responden. Dengan nilai mutu pelayanan menghasilkan Gap Score Negative yaitu -0,2. Untuk meningkatkan kepuasan pasien maka yang harus dilakukan adalah meningkat keterampilan atau keahlian, pengetahuan, sikap dan perilaku perawat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright © 2017 Syiah Kuala University

ISSN: 2345-6789

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.